MySpace Layouts, MySpace GraphicsMySpace Layouts, MySpace GraphicsMySpace Layouts, MySpace GraphicsMySpace Layouts, MySpace GraphicsMySpace Layouts, MySpace GraphicsMySpace Layouts, MySpace GraphicsMySpace Layouts, MySpace Graphics

Minggu, 24 Juli 2011

Harry Potter : Herbologi

 Herbologi adalah pelajaran tentang tumbuhan ajaib di dunia sihir. Dalam Herbologi, siswa belajar untuk merawat dan memanfaatkan tanaman, juga belajar tentang sifat magis mereka, dan untuk apa mereka digunakan. Banyak tanaman menyediakan bahan-bahan untuk ramuan dan obat-obatan, sementara yang lain memiliki efek magis tersendiri.Kelas-kelas ini diadakan di halaman Hogwarts, yaitu di rumah kaca.
 Herbologi adalah kelas wajib di Hogwarts selama lima tahun pertama pendidikan siswa. Pelajaran Herbologi di tahun pertama seorang siswa di Hogwarts terutama terdiri dari ceramah yang berkaitan dengan tanaman dan cara menggunakan mereka.

berikut beberapa tanaman yang di pelajari dalam Herbologi

~DEVIL SNARE


Devil’s Snare,atau lebih dikenal dengan nama jerat setan, merupakan tanaman dengan sifat magis. Keistimewaannya adalah kemampuan untuk mencengkram atau mencekik objek di sekelilingnya. Bergerak atau berusaha melepaskan diri dari Devil’s Snare akan menyebabkan tanaman itu lebih erat dalam mencengkeram.
Devil’s Snare nampaknya bukan tanaman yang lazim dipelihara, namun beberapa toko atau herbologyst memiliki mereka sebagai tanaman hias. Devil’s Snare terdiri dari batang yang lembut, kenyal dan sulur tanaman merambat yang sensitif terhadap sentuhan. Tanaman ini menggunakan cabang yg merambat dan sulur untuk menjerat siapa saja yang menyentuhnya, mengikat tangan dan kaki dan akhirnya membunuh mereka. Makin keras usaha seseorang melawan Devil’s Snare, tanaman itu akan makin kuat dan ketat mengikat mereka, jika mereka santai, tanaman ini tidak akan membunuh mereka dengan cepat~(yaelah, sama aja mati dong)~. Devil’s Snare lebih suka lingkunganyang gelap dan lembab. tanaman ini akan menghentikan gerakannya di lingkunganyang terang atau di tempat yg terkena cahaya, dan akan mundur menjauh dari panas api,
Pada tahun 1995, Broderick Bode, seorang unspeakable di Kementerian Sihir, menjadi pasien di Rumah Sakit St Mungo untuk Penyakit dan Luka Sihir, setelah terkena mantra Impurius dan mencoba untuk mencuri ramalan dari Departemen Misteri. Ketika Bode mulai pulih, seorang Pelahap Maut mengirimkan Devil’s Snare dalam pot ke rumah sakit dengan menyamar sebagai hadiah Natal untuk membungkamnya. Penyembuh Miriam Strout rupanya mengira tanaman untuk Flitterbloom, dan Bode meninggal karena tercekik tanaman ini.
Pada tahun 1998, selama Pertempuran Hogwarts, Profesor Sprout digunakan Devil’s Snare terhadap menyerang Pelahap Maut

~MANDRAKE

Mandrake, juga dikenal sebagai mandragora, merupakan tanaman yang memiliki akar yang terlihat seperti manusia (seperti bayi ketika tanaman masih muda)
Setiap kali dicabut dari tempatnya tumbuh, mandrake akan menjerit.. Jeritan dari Mandrake dewasa, akan membunuh setiap orang yang mendengar itu, tapi Mandrake muda biasanya hanya akan mengeluarkan jeritan yg membuat pendengarnya pingsan selama beberapa jam. Ketika murid murid Hogwarts mempelajari mandrake di kelas Herbologi, Pomona Sprout memberi siswa mengenakan penutup telinga untuk melindungi telinga mereka dari tangisan mandrake muda.

Mandrake tidak hanya menyerupai manusia, tetapi juga memiliki perilaku yang mirip dengan mereka. Pada tahun ajaran 1992-1993, Mandrake, pada satu titik waktu, menjadi murung, yang menunjukkan bahwa mereka mencapai usia remaja. Hagrid juga menyebutkan bahwa Mandrake mempunyai jerawat. Mandrake sepenuhnya matang ketika mereka mulai bergerak ke pot lain, mirip dengan manusia dewasa menikah dan bergerak bersama-sama. Ketika matang, Mandrake bisa dipotong sebagai bahan utama pembuat Mandrake Restorative Dam, yang mengobati mereka yang membatu karena Basilisk. Selama Pertempuran Hogwarts, Mandrake digunakan untuk melawan Pelahap Maut.
Jeritan fatal Mandrake sangat mirip dengan (jika tidak lebih fatal daripada) jeritan banshee, yang juga fatal.
Makanan favorit Dugbog adalah Mandrake, karenanya Dugbog digunakan untuk mencari Mandrake di alam liar, karena penciuman nya yg tajam.

Mandrake telah digunakan sejak zaman kuno sebagai tanaman obat dan memiliki tradisi yang terkait dengan kegiatan magis. Mandrake termasuk family dr nightshade. Tanaman ini mengandung hiosiamin, skopolamin, dan mandragorin. Secara medis, telah digunakan sebagai pembunuh rasa sakit dan obat penenang. Itu digunakan pada zaman kuno untuk operasi. Karena akarnya menyerupai bentuk manusia, telah digunakan dalam ritual magis, dan sebagai aphrodesiac pada umumnya. Ada beberapa jenis tanaman, yaitu mandragora Offininarum menjadi bentuk yang paling biasa, dan mandragora autumnalis kecil memiliki sifat yang sama. Beberapa tradisi rakyat menyebut varietas terakhir (M. autumnalis) sebagai “Womandrake” yang berbeda dengan M. officinarum sebagai “Mandrake.” Sebuah varian ketiga, mandragora turcomanica, merupakan varietas yang hampir punah dan sangat langka, kebanyakan ditemukan di Turki dan beberapa daerah Iran. M. turcomanica dibedakan dari autumnalis M. dengan memiliki buah lebih besar.
Di belahan bumi Barat, sebuah tanaman lain, Podophyllum petaltum, disebut Mandrake Amerika. Mandrake Amerika tidak berhubungan dengan berbagai varietas Mandrake Eropa, dan memiliki aplikasi medis lebih sedikit. Namun, tanaman ini, juga beracun.

~BOUNCING BULB

Bulb Bouncing adalah tanaman ajaib yang akan melompat ke sekitar jika tidak terkendali. Batang utama Bouncing Bulb menyerupai bohlam ungu yg tidak proporsional, dengan sekelompok daun tumbuh di atasnya. Bouncing Bulb muda cukup kecil untuk ditangani , tapi yg dewasadewasa dapat mencapai ukuran pintu. Bouncing Bulb bisa menjadi agresif ketika mereka merasa terancam;.. mereka mungkin akan melompat terhadap penyerang dan mencoba mencelakainya. Untuk menanganinya, dibutuhkan mantra Incendio.
Pada tahun ke empat Harry, Profesor Sprout menyuruh para murid untuk memindahkan tanaman ini ke dalam pot yang baru. Salah satunya melepaskan diri dari genggaman Harry dan memukul wajahnya.

~BUBOTUBER

Bubotuber adalah sejenis tanaman ajaib, bagian yang terlihat menyerupai siput besar, tebal, dan hitam. Bagian dari tanaman ini juga kadang terlihat menggeliat. Permukaan bubotuber bila diperas menghasilkan, nanah tebal kekuningan-hijau yang memiliki bau mirip dengan yang bensin.
Nanah Bubotuber digunakan sebagai pengobatan untuk jerawat parah, tapi nanah murni dapat menyebabkan efek yg sangat tidak menyenangkan bila mengenai kulit.Namun bila di campur dengan bahan bahan lain yang tepat, bisa sangat bermanfaat.
Bubotubers dibahas di kelas tahun keempat Herbologi. Juga pada tahun keempat, Hermione Granger dikirim surat penuh nanah bubotuber oleh orang tak dikenal yang jelas percaya terhadap artikel Rita Skeeter yang memfitnahnya dan menyatakan bahwa Hermione sedang mempermainkan cinta Harry Potter dan Viktor Krum.

~MIMBULUS MIMBLETONIA

Tanaman ini mudah dikenali karena batangnya yang berdenyut dan menggeliat-geliat sebagai mekanisme pertahanan yang unik. Ketika Mimbulus mimbletonia di tusuk, Stinksap menyembur keluar dari bisul pada permukaan tanaman. Stinksap adalah cairan yang tidak beracun dan digambarkan hijau gelap dan berbau seperti “pupuk tengik”. Hal ini juga dapat digunakan sebagai penangkal untuk gugup, rasa malu dan sebagainya.
Mimbulus Mimbletonia digunakan sebagai password untuk ruang rekreasi Gryffindor di awal tahun ajaran 1995-1996, yang membuat Neville karena untuk sekali dia akan mampu mengingat password.

~SCREECHSNAP

Screechsnap adalah tanaman ajaib dengan kemampuan untuk bergerak dan membuat kebisingan. Selama pelajaran Herbologitahun ke lima, pada tahun 1996, Susan Bones menempatkan pupuk dalam jumlah berlebihandi tempat bibit Screechsnap, yang membuat mereka menggeliat dan mencicit karena iritasi.

~SNARGALUFF

Snargaluff adalah tanaman seperti bonggol yang keriput, tetapi ketikadidekati, akan menyerupai anggur berduri, yang berbahaya dan akan menyerang pengganggu tersebut. Sebagai akibatnya, biasanya lebih baex ditangani oleh lebih dari satu orang.Tanaman ini berisi polong yang mana, berdenyut dan berwarna kehijauan sebesar anggur. Polong ini harus di belah dan isinya, yang menyerupai umbi hijau pucat, dikumpulkan dalam mangkuk. Pada tahun ke enam, murid kelas Herbologi belajar untuk mengambil buah tersebut. Keluarga Lovegood menanam beberapa snargaluff di kebun mereka.
Selama Pertempuran Hogwarts, Profesor Sprout dan siswa lain dari Hogwarts juga menggunakan polong Snargaluff sebagai senjata melawan para Pelahap Maut.

~VENOMOUS TENTACULA

Venomous tentacula,adalah tanaman yang berbahaya dan beracun seperti namanya. Venomous Tentacula mengeluarkan racun dari pucuknya,dan dari duri2 besar yang mana sangat mematikan.Mantra Diffindo dapat digunakan untuk menghalau ataupun memutuskan lengannya.
Benih Venomous Tentacula termasuk barang kelas C yg tidak diperdagangkan.Fred dan George Weasley membeli benih Tentacula dari Mundungus Fletcher. pada tahun 1995 untuk untuk membuat produk WWW mereka. biji Tentacula mengeluarkan suara berderak-derak samar bahkan jika mereka benar-benar terganggu.
Selama Pertempuran Hogwarts, Neville Longbottom dan Pomona Sprout menggunakan Venomous Tentaculas sebagai senjata melawan para Pelahap Maut .


segitu dulu ya tentang Herbologi.nya ^^
ntar kalo ada lagi saya tambahin kok :D

1 komentar: